Kata Hino Soal Distribusi BBM Jelang Standar Euro 4

Kata Hino Soal Distribusi BBM Jelang Standar Euro 4Kata Hino Soal Distribusi BBM Jelang Standar Euro 4

PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) mengingatkan pemerintah agar benar-benar memperhatikan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berstandar Euro 4 untuk kendaraan bermesin diesel – termasuk truk maupun bus – pada saat ketentuan standar itu mulai efektif berlaku pada Maret 2021 nanti.

Terlebih sebagai kendaraan untuk bisnis, tentu operasional kendaraan-kendaraan untuk berlangsung terus menerus bahkan dengan jangkauan jelajah yang luas.

“Kalau teknologi, industri (produsen kendaraan) siap menyesuaikan kapan saja dengan ketentuan standar ini. Yang kita minta distribusi BBM-nya itu harus sudah menyeluruh ke seluruh daerah. Karena kendaraan-kendaraan ini (bus dan truk standar Euro 4) kan kendaraan untuk bisnis dan menyebar ke berbagai daerah. Kami mendukung apa yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” papar Direktur Promosi dan Penjualan HMSI, Santiko Wardoyo, di Jatake, Tangerang, Rabu (14/11/2018).

“Semua staf diler harus berkolaborasi sebagai kesatuan Hino Total Support Team untuk mewujudkan Soal kepuasan pelanggan dan kepercayaan pelanggan terhadap Hino. Melalui kontes ini juga, kita mengevaluasi pemahaman staf diler dan pelaksanaan standard operastion procedure (SOP) yang berkaitan dengan kepuasan pelanggan,” kata Santiko.

Kontes tahun 2018 ini diikuti oleh 490 peserta yang berasal dari 241 diler Hino yang ada di Indonesia. Materi ujian untuk peserta juga ditambah. Begitu pun dengan kategori yang dilombakan, yakni dari 10 menjadi 12 kategori..

Penyesuaian teknologi
Terkait dengan standar Euro 4 tersebut, Hino juga melakukan penyesuaian teknis di mesin semua model yang dipasarkan di Indonesia. Berkait dengan hal itu, tentu ada tambahan investasi di pabrik perakitan model tersebut.

“Penyesuaian tentu ada. Harga jual produk, ya tentu saja juga ada penyesuaian. Tetapi, harga itu akan kompetitif (harga bersaing) karena kami berpikir jangka panjang. Hino sendiri juga melihat Indonesia merupakan pasar yang besar,” ujarnya.

Sedangkan di diler, seperti yang diungkapkan Senior Officer Servis & Part HMSI, Irwan Supriyanto, tentu juga ada tambahan investasi terakit dengan penambahan peralatan untuk melayani perawatan maupun servis kendaraan yang telah berstandar Euro4. Salah satunya adalah peralatan pendeteksi kendaraan.

Hino juga mempersiapkan sumberdaya manusia terutama dalam pelayanan purna jual kendaraan di era pemberlakuan standar Euro 4 tersebut. Kegiatan rutin tahunan yakni Customer Satisfaction Contest (CSC) pun, berlangsung di tahun 2018 ini temanya juga dibuat dengan kerangka mendukung upaya pemerintah terkait peraturan standar emisi Euro 4 dan bahan bakar B20 bagi kendaraan komersial.

“Itu satu unitnya, berharga kurang lebih Rp 30 juta. Jadi, kalau bicara soal investasi ya kalikan saja kita ada 241 diler di seluruh Indonesia,” tuturnya di tempat yang sama.

Kayanoki menegaskan, Hino juga terus menerus berupaya meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para mekaniknya setiap saat termasuk dalam menyongsong era stndar Euro 4 ini. Sedangkan di taran manufaktur Hino  tahun ini telah mulai melakukan ubahan komponen  di produk agar kendaraan sesuai standar Euro 4.

“Hino Indonesia siap menuju era baru dengan menyiapkan segala aspek. Tidak hanya produk saja tetapi juga dukungan purna jual hingga kepada para pekerja. Dengan QDR Adoption, kami siap menyambut Euro 4. Semua itu dalam rangka mewujudkan komitmen kami Hino Total Support, sehingga keuntungan pelanggan mencapai maksimal,” imbuh Kayanoki.

SUMBER  : motoris.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *